free counters

Jumat, 03 Juni 2011

ayo cocokin jawaban UAS HAPTUN semester genap 2011 < jawaban singkat2 aja ya > ^^

Kasus Jabatan Notaris --> referensi UU 30 tahun 2004 +PP menkumham  

1 Pengadilan mana yang berwenang memeriksa kasus tersebut ?

a. kompetensi absolute --> pengadilan tinggi TUN karena menurut gw upaya di majelis pengawas wilayah dan pusat sudah merupakan upaya administrasi , maka apabila telah dilakukan upaya administrasi, gugatan langsung masuk ke PT TUN sebagai pengadilan tingkat pertama :D
b. kompetensi relatif --> pengadilan tinggi TUN jakarta karena kedudukan majelis pengawas pusat notaris berkedudukan di ibukota negara, yang artinya di Jakarta

2 Para pihak dalam kasus tersebut?
menurut gw , 

pengugat nya  --> notaris uda pasti --> kan yang secara langsung dirugikan dengan dikeluarkannya  putusan MPP notaris.
tergugatnya --> MPP notaris karena yang mengeluarkan putusan tersebut.

3. apa bisa ada intervensi ? gmn bentuknya?
kl ini si gw jelasin ada 3 macam intervensi 
a. untuk membela kepetingannya sendiri , masuk ke persidangan.
b. atas permintaan salah satu pihak , tergugat atau penggugar untuk memperkuat posisinya.
c. atas prakarsa hakim 

menurut gw, yg mungkin dilakukan adalah yang (b) atas permintaan tergugat bisa diikutsertakan si direktur PT sweetheart dan dapat pula oleh penggugat mengikutsertakan  majelis pengawas wilayah untuk memperkuat posisinya. 
selain itu, (c) menurut gw jg bs sih, pertimbangan gw kalau hakimnya jeli, dari awal membaca kronologis gugatan harusnya sudah dapat menyimpulkan ada pihak ke 3 yang harus diikutsertakan :D 

4. gua ga jawab karena ragu2, daripada salah kan yaa :P ( feeling gw sih , upaya2 di dalam kasus tersebut = upaya administrasi )

5. tenggang waktu memgajukan gugatan ke pengadilan ?
SK mulai diketahui 29 november 2010 ( 1november, 31 desember, 31 januari, 27 februari)
Jadi, batas akhir pengajuan gugatan ke pengadilan TUN : 27 Februari 2011 hari minggu ..  

kalian gmn ??? loL moga2 lulus lah ya :D

2 komentar:

  1. Yah tadi gue yg nomer satu cuma jawab yg kompetensi absolut doang T_T

    BalasHapus
  2. nan, kykny jawaban gw salah deh, ktny ke PTUN >.< stress mode *on

    BalasHapus